ora et labora

mencari dengan hati . asa . doa

Review_eLemen marketing (MK paling saya suka :) :) July 24, 2010

Filed under: kuLiah teknik industri . — askar @ 7:07 pm
Tags: ,

Judul               : Hermawan Kartajaya on Segmentation Seri 9 Elemen Marketing

Tahun              : 2006

Author :  Hermawan Kartajaya

Penerbit          : Mizan Bandung

Kebesaran Nama Bimoli

RESUME

Pada bab ini membahas persaingan Bimoli dan Tropical serta Filma dalam merebut perhatian konsumen minyak goreng dimana Bimoli tetap lebih laris karena mereknya lebih dulu dikenal, sehingga bernilai lebih di mata konsumen meskipun harganya lebih mahal.

Tanggapan survey mengenai Customer Satisfaction Index 2000

Ada beberapa hal menarik mengenai survey ini yaitu :

  1. Survey ini membandingkan beberapa merk dalam kemampuan memenuhi need, want, dan expectation pelanggan yang tampaknya akan dilakukan setiap tahun sehingga dapat dijadikan sebagai panduan dalam memilih bidang.
  2. Survey ini sebagai panduan bagi perusahaan-perusaan Indonesia untuk mengetahui point-point yang dapat membuat pelanggan bias lebih puas terhadap suatu merk.

Hasil Survey

Hasil survey ini mengenai perkembangan industri minyak goreng nasional yaitu menempatkan Bimoli pada posisi pertama kemudian diikuti dengan Filma dan Tropical. Ini merupakan fenomena menarik mengingat sebenarnya bisnis minyak.goreng bermerek atau dalam botol kurang begitu menguntungan. Menurut perhitungan, sebetulnya perusahaan akan lebih untung jika  mengekspor palm oil dibandingkan menjual minyak dalam botol.

Tropical dapat masuk ke dalam tiga besar padahal merupakan produk baru disebabkan beberapa faktor antara lain  :

  1. Tropical mengklaim dirinya sebagai minyak goreng rendah kolesterol sehingga mudah menarik perhatian meskipun tidak semua kalangan memperhatikan kesehatan.
  2. Harganya relatif murah, mengingat krisis yang saat itu belum sepenuhnya usai.
  3. Tropical menang dalam kepuasan terhadap nilai disbanding Bimoli.

Menurut riset ini, keunggulan Bimoli yaitu :

  1. Bimoli mempunyai ekuitas merek ngetop akan tetap lebih laris meskipun harganya lebih mahal dibanding Tropical.
  2. Bimoli mempunyai nilai importance dan perceived better yang jauh lebih tinggi dibanding Tropical. Jadi meskipun harga lebih sedikit mahal tetap dianggap jauh lebih baik sehingga blebih banyak dipilih orang di masa krisis.
  3. Bimoli dan Tropical mempunyai nilai fungsional yang sama sehingga total give-nya sama. Namun Bimoli memberikan total get yang lebih besar dibanding Tropical karena memberi manfaat emosional lebih besar. Manfaat emosional yaitu kepercayaan masyarakat yang telah lama mengenal Bimoli sebagai provend brand yang tidak beresiko.

Contoh Lain Fenomena Tropical

Fenomena Tropical hampir mirip lipstik two-in-one Sariayu. Produk ini didesain sesuai tren warna tahun 1998 (kuning emas dan merah) dan terkait dengan khazanah kecantikan nusantara. Pada tahun 1998, Indonesia mengalami krisis namun kemunculan produk ini tetap mendapat respons yang tinggi karena harganya terjangkau dan dapat dipakai dalam berbagai macam kombinasi.

Kasus lipstik ini berbada dari kartu prabayar Simpati. Sejak awal, produk ini sudah muncul sebagai produk untuk value oriented customer : harga terjangkau tapi bisa memberikan manfaat emosional dan fungsional yang dibutuhkan orang pada masa krisis.

Jadi produk baru dapat mendapat respons tinggi karena ”tidak sengaja” membangun persepsi sebagai produk berkualitas tinggi dan pada saat yang sama didukung dengan realitas bahwa harganya memang terjangkau. Bimoli dengan kekuatan merek, teknologi, modal, dan penguasaan pemasoknya, sangatlah berpotensi untuk mendapat perhatian pasar dan mengalahkan pesaing-pesaingnya.

 

One Response to “Review_eLemen marketing (MK paling saya suka :) :)”

  1. SOSHARTINDO Says:

    semoga perusahaan anda diberi kelancaran dan kemajuan , bila anda membutuhkan produk kami untuk meningkatkan keamanan perusahaan dari bahaya si jago merah silahkan menghubungi PT. Sanindo Perkasa Abadi

    Jl. Muncul E2-F2 Gedangan, Sidoarjo telp :031-70000505

    Website : http://www.soshartindo.com

    email : info@soshartindo.com


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s