ora et labora

mencari dengan hati . asa . doa

Japan Quality Award, penghargaan NasionaL bangsa Jepang May 14, 2010

Filed under: aLL about quaLity — askar @ 6:07 pm
Tags: , , ,

Sebelum berbicara jauh tentang JQA perlu diketahui terlebih dahulu apa itu quality award dan apa itu quality karena JQA termasuk quality award
Kualitas memiliki berbagai definisi dari penjelasan berbagai sumber, yang dapat disimpulkan bahwa kualitas adalah keseluruhan karakteristik atau kesesuaian dari produk atau jasa untuk memenuhi persyaratan/spesifikasi dalam memuaskan kebutuhan pelanggan.
Penghargaan kualitas (quality award) diciptakan untuk mendorong dan memotivasi perusahaan-perusahaan untuk meningkatkan kualitas produk dan jasa yang dihasilkan, kinerja organisasi, dan kemampuan manajemen demi memperoleh kepuasan pelanggan sebagai kunci dalam persaingan bisnis di dunia.
Atau dengan kata lain penghargaan kualitas bertujuan mendorong penerapan manajemen mutu/kualitas pada suatu organisasi atau perusahaan.

Berkenalan dengan Japan Quality Award
Japan Quality Award didirikan pada tahun 1995 oleh Japan Productivity Center for Socio-Economic Development (JPC-SED). JQA dimodelkan setelah penilaian diri teori dari Malcolm Baldrige National Quality Award, dan dimodifikasi untuk mengakomodasi praktek-praktek manajemen Jepang untuk mendukung struktur yang dibutuhkan oleh pelanggan dan pasar, dan dapat mempertahankan daya saing jangka panjang. Penghargaan ini disampaikan kepada perusahaan Jepang dan entitas korporat lainnya. JPC-SED mendirikan Dewan JQA untuk mempublikasikan Program Kualitas Jepang dan Departemen Promosi JQA untuk merevisi dan memperbarui kriteria penilaian dan penyaringan pemberian penghargaan tersebut ( http://www.jpc-net.jp).
Menurut http://www.tulips.tsukuba.ac.jp, tujuan dan ciri JQA adalah sebagai berikut :
• Tujuan
Kepuasan pelanggan dan keunggulan bisnis
• Jumlah item Kriteria
Pertama: 8 item, Kedua: 23 item
• Ciri
^ poin 1 Sistem Pengambilan Keputusan
^ poin 2 Kontribusi sosial
^ poin 5 kemampuan organisasi
^ poin 7 Pembandingan dengan pesaing ditekankan dan diminta
^ Sistem struktur seperti ide dasar dan metode operasi, pengaturan tujuan dan memahami hasil, serta evaluasi dan improvisasi akan dimintai penjelasan secara keseluruhan.

Sumber: www.jpc-net.jp

Pada setiap tahun, hanya maksimal enam perusahaan, yakni dua masing-masing dari sektor manufaktur, sektor jasa, dan menengah atau perusahaan kecil, akan diberikan JQA.
Sampai saat ini telah banyak perusahaan Jepang yang mendapatkan penghargaan JQA. Berikut daftar pemenang JQA dan alasannya mengapa mereka bisa menang (www.tulips.tsukuba.ac.jp). Cekitdot.
Pada tahun 1996, perusahaan pertama yang memenangkan JQA adalah NEC semiconductor Group
(Manufaktur) - Sebuah evaluasi yang sangat baik prestasi tinggi respons yang cepat dan tepat untuk tren pasar dengan prinsip usaha yang baik dan tinjauan ke masa depan di bidang bisnis inovasi teknis sangat ketat, dan risiko investasi besar.
1997 Asahi Breweries, Ltd (Manufaktur)- Peningkatan evaluasi dan pencapaian di pasar selalu diperoleh dengan menyediakan kebutuhan pelanggan dan merespon tanggapan dalam industri bir di mana merupakan perubahan besar tergantung pada diversifikasi preferensi konsumen, perubahan sistem pemasaran menurut deregulasi, dan faktor kompetisi baru dengan bir impor dan bir meleleh rendah dll
Golf club of Isumi Chiba (Bisnis Kecil) prinsip-prinsip perusahaan “membuat Perusahaan yang dicintai dan dipercaya oleh semua orang yang mengelilingi perusahaan” menyusup bahkan setiap di sudut bisnis sehari-hari di kepemimpinan yang kuat dari atas, bawah lingkungan yang sulit dengan ledakan ekonomi dan tahap dewasa industri golf, kondisi miskin lokasi diatasi oleh Customer Service, dan berkaitan dengan perluasan, perbaikan dan dari pelanggan evaluasi dan perbaikan dari hasil keuangan.
1998 The Japan Research Institute, Ltd. (Jasa)  Paradigma pengelolaan jenis otonom diri-kesimpulan tipe manajemen yaitu kreativitas, otonomi, dan lintas-organisasi korporasi berfokus kepada pelanggan dan kebutuhan pasar, dan nilai tambah perusahaan, dijalankan secara sukarela dan disimpulkan berhasil.
Yoshida original (Bisnis Kecil)  Ini tantangan “Dinding struktur sirkulasi toko grosir” yang menjadi masalah bagi penciptaan nilai pelanggan dalam industri tas, mengejar secara menyeluruh kebutuhan pelanggan yang benar-benar memahami ” barang asli, khas kulit asli “, proyek, produksi, dan penjualan terintegrasi dan pengukuran kepuasan pelanggan yang tinggi, dan prestasi unggul tercapai.
1999 Ricoh (Manufaktur)  Prinsip-prinsip perusahaan “kami adalah kepercayaan dan perusahaan menawan dunia dengan menciptakan dunia dan menawarkan nilai manfaat dan baru dalam hubungan orang dengan informasi” berada pada keadaan depresi ekonomi Asia dan risiko usaha dengan perubahan kurs ,kepuasan pelanggan yang sangat tinggi, dan peningkatan terus menerus dari pendapatan dan laba telah dicapai oleh advokasi “Image Komunikasi” sebagai slogan perusahaan, dan mencurahkan “CS Manajemen”.
Fuji Xerox the first center sales part (Jasa)  efisiensi bisnis pelanggan dan penciptaan nilai yang tinggi dari bisnis sewa dan pemeliharaan mesin fotokopi yang membuat perusahaan besar di Jepang belangganan. Ia bekerja pada banyak revolusi yang bertujuan menyediakan solusi kelas pertama yang memahami pelanggan dan menciptakan solusi dokumen terbaik dengan pelanggan dari model bisnis pengaturan perangkat keras, dan mendapatkan keuntungan dengan menggunakan barang-barang persediaan dan biaya untuk pemeliharaan.
2000
IBM Japan, General Business Division (GBD) (Jasa)  inovasi teknis yang ketat, strategi Peningkatan produktivitas bisnis yang sudah ada kepemimpinan kuat. Promosi, saham visi manajemen, penggunaan teknologi informasi (IT), pengembangan karyawan tinggi, lebih jauh lagi, peran yang satu penanggung jawab penjualan usaha telah dilakukan menyebar ke bisnis yang membuat untuk pembagian kerja dan khusus oleh divisi manajemen puncak. Rating kepuasan pelanggan yang tinggi dan peningkatan produktivitas
Musashino (Bisnis Kecil)  kecepatan manajemen dengan menggunakan informasi kepemimpinan yang baik perbaikan manajemen yang berkesinambungan yang membuat ” peningkatan program Manajemen kualitas” menggunakan tools, dan sistem kompetisi yang dominan telah ditetapkan dalam lingkungan industri yang berat. perbaikan Sistem kerja dengan aspek mekanisme pelanggan mempromosikan pertumbuhan individu untuk karyawan sesuai fleksibel untuk sebuah perubahan lingkungan yang mengelilingi bisnis. Ini adalah salah satu model keberhasilan dari manajemen usaha kecil dan menengah.
2001 Dai-ichi Mutual Life Insurance (Bisnis besar)  Manajemen Aset Penggunaan teknologi informasi, organisasi penting membuat iklim yang berpusat pada percakapan manajer dan situs staf, pengembangan staf yang tinggi, dan melaksanakan penilaian yang berkesinambungan mengevaluasi promosi.
Seiko Epson, Information Iimage Business Headquarters (Bisnis besar)  kepemimpinan dengan kecepatan perasaan mengutamakan aspek pelanggan, perbaikan terus menerus dalam proses perencanaan produk yang kompetitif
2002
Pioneer Mobile Entertainment Company (Bisnis besar)  fokus pelanggan secara menyeluruh. menciptakan lingkungan dalam dan luar perusahaan termasuk pelanggan, “Tantangan untuk keberangkatan pelopor dan pertama di dunia” secara luas dilakukan selama seluruh manajemen. Hal ini menciptakan dan mengusulkan produk dan jasa dengan nilai baru
Calsonic Harrison (Bisnis Kecil)  perusahaan global daya saing kuat sebagai bagian perusahaan yang memproduksi industri mobil yang berubah tiba-tiba, kepemimpinan yang kuat ditunjukkan oleh inisiasi atas memperkuat kekuasaan organisasi. kegiatan promosi kegiatan perbaikan menyeluruh dari sebuah bagian
Toyota Vista Kochi (Bisnis Kecil)  Dalam industri penjualan mobil yang parah dari penurunan keuntungan karena depresi dari penjualan mobil baru dan siklus mobil tidak dihindari setelah ledakan ekonomi, misi “Ini tantangan teknik penjualan baru untuk tidak menangkap dalam konsep yang ada , dan bertujuan pada penjualan yang sangat efektif dan manajemen yang sangat efektif. Hasil kegiatan tersebut telah mencapai hasil bisnis tingkat atas dalam kelompok dealer Toyota dan kepuasan pelanggan yang tinggi.
2003 NEC Holding (Bisnis besar)  Manajemen berdasarkan CS telah memperkuat rasa saling percaya dengan konsumen.
2004 Chiba Xerox (Big Business/Service)
Honda Clio Shin-kanagawa (Small Business/Service)
2005
Toyota Transportation (Big Business/Service)
Panasonic Automotive Systems(Big Business/Manufacturing)
Matsushita Home Appliance -Air conditioning Div. (Big Business/Manufacturing)
J-Art Restrant systems (Small Business/Service)

APLIKASI JQA
Selanjutnya saya mencoba membuka web-web perusahaan pemenang JQA dan mencoba menganalisis di segi manakah mereka bisa menang berdasarkan poin-poin yang dinilai pada JQA. Ternyata, tidak semua web resmi mereka berbahasa inggris, kebanyakan menggunakan bahasa kanji yang saya tak mengerti 
Disini kita akan menelurus ke dua perusahaan, yang satu bergerak di bidang manufaktur dan yang satu bergerak di bidang jasa.
1. RICOH (www.ricoh.com)
^ Pemenang JQA tahun 1999
^ berdiri tahun 1936
^ bidang manufaktur
^ peringkat pertama di divisi mesin fotokopi Jepang (menurut survey lembaga independen di Jepang, selama 7 tahun berturut-turut euy ..)
^ penghargaan lokal
2. DAICHI (www.dai-ichi-life.com)
^ Pemenang JQA tahun 2001
^ berdiri tahun 1902
^ bisnis besar bidang asuransi

ADA APA DENGAN RICOH
Kepemimpinan dan pengambilan keputusan
• manajemen puncak sangat menekankan terhadap perubahan apapun
• Filosofi manajemen Ricoh : menempatkan dirinya dalam orang lain
• Para direktur sendiri menangani keluhan yang lebih serius dengan menyelidiki sumber masalah, menentukan isu-isu manajemen, dan menemukan solusi.
• mereorganisasi struktur organisasi
Tanggung jawab sosial dalam manajemen
Kerja sama yang erat antara CS dan kontribusi sosial dalam bentuk pelestarian lingkungan
Memahami dan interaksi dengan pelanggan dan pasar
• Meningkatkan kualitas manajemen dengan mendengarkan pendapat pelanggan, meningkatkan kegiatan usaha sehari-hari
• Meningkatkan Customer Service Center jauh sebelum CS mulai menarik perhatian orang
• Memiliki database pendapat nasabah
• Ricoh mengatur keluhan pelanggan dalam format khusus
• Mempunyai fasilitas telepywriter shg memungkinkan komunikasi pelanggan dengan Ricoh
• Meningkatkan aksebilitas pelayanan pelanggan
• Slogan kualitas Ricoh “Kami memuaskan Pelanggan dan menginspirasi scr konsisten”
Strategi pengembangan dan penyebaran
Group companies sebanyak 311 perusahaan (pada Maret 2009)
Perbaikan kemampuan individu dan organisasi
memberikan pelatihan sistem operasi untuk semua karyawan perusahaan untuk meningkatkan kualitas dan kepuasan pelanggan
Proses penciptaan nilai
• Keluhan pelanggan= ide2 untuk produk baru
• Database pendapat nasabah diolah oleh divisi perancangan produk
• Ricoh Quality berorientasi untuk menciptakan nilai.
Manajemen Informasi
• mendirikan Jaringan Call Center, yang menyediakan layanan tingkat tinggi dukungan pelanggan berbasis pada integrasi sistem teknologi komputer mutakhir (CTI)
• Ricoh mengevaluasi daya saingnya
• Penggunaan st. Teknologi informasi untuk mengelola informasi pelanggan & cttn penjualan
Hasil
• Mesin fotokopi Jepan nomor 1
• Produk-produk berkualitas
• Keuntungan bersih 2,091.6 bilion yen (pada Maret 2009)
ADA APA DENGAN DAICHI
Kepemimpinan dan pengambilan keputusan
Konsep manajemen efektif
Memahami dan interaksi dengan pelanggan dan pasar
• Deklarasi Jaminan Mutu u mengejar kebijakan yang paling punya nilai di mata pelanggan
• Tujuan Dai-ichi untuk memperbaiki kualitas hingga mencapai titik di mana Dai-ichi memiliki reputasi tertinggi dengan pelanggan
• Mempertimbangkan pendapat pelanggan di setiap langkah
• “Rencana Seumur Hidup Daichi” à memberikan rancangan mutu,produk dan layanan berkualitas seumur hidup, menjamin keamanan jangka panjang, menangani masalah yang berkaitan dengan resiko
• Mengamankan kepercayaan pelanggan dalam kemitraan seumur hidup, Dai-ichi mengejar tiga tujuan utama : meningkatkan kepuasan pelanggan, meningkatkan profitabilitas dan daya saing, dan efisiensi biaya yang lebih tinggi
Strategi pengembangan dan penyebaran
• Target pasar dengan potensi pertumbuhan, yaitu pasar asuransi jiwa di luar negeri dan pasar untuk produk tabungan individu melalui penjualan melalui cabang-cabang bank
• Memberi kontribusi terhadap pertumbuhan laba perseroan jangka menengah hingga panjang sambil melatih manajemen resiko
• mengembangkan perwakilan penjualan yang kompeten
• mengatasi masalah efisiensi operasional yang lebih besar dan mengejar outsourcing fleksibel dengan membentuk aliansi dengan Mizuho Holding, Sompo Jepang, dan Aflac untuk menyediakan produk kualitas terbaik untuk pelanggan
Perbaikan kemampuan organisasi
meningkatkan produktivitas dengan mengembangkan sistem manajemen yang efisien dan meninjau alur kerja.
Proses penciptaan nilai
Daichi berusaha konsisten menciptakan nilai baru
Manajemen Informasi
Prinsip bisni Daichi “apakah Daichi menjadi pemegang polis nomor satu”
Hasil
Selama bertahun-tahun, Daichi membuat usaha untuk secara efisien menyediakan produk dan layanan dengan kualitas terbaik, menjaga fundamental keuangan yang baik, dan tulus menerima pendapat pelanggan, berhasil mengejar “Rencana Seumur Hidup” secara ideal.

so, siapa yang mau merancang Indonesian Quality Award? Selama ini, di Indonesia hanya ada BSN yang mengeluarkan SNI (Standar Kualitas Indonesia)

Referensi :

www.digilib.petra.ic.id

www.tulips.tsukuba.ac.jp

www.jpc-net.jp

www.apo-tokyo.org

www.ricoh.com

www.dai-ichi-life.com.hk

 

3 Responses to “Japan Quality Award, penghargaan NasionaL bangsa Jepang”

  1. Siapa yang merancang Indonesian Quality Award? IQA Award (Indonesian Quality Award) pertama diadakan pada thn 2005 di Bali dengan nama IQA Award for BUMN, karena pesertanya baru dari kalangan BUMN. Inisiatif awal adalah mereka meraka yang tergabung dalam forum mutu bumn ( yang kini bernama feb (forum ekselen bumn) dan bumn exsecutive club (bec). 2011 november mendatang adalah ke 7 iqa award pelaksananya adalah iqa foundation (for more info pls google indonesian quality award). basis penilaian pengukuran menggunakan malcolm baldrige criteria for performance excellence (mbcfpe). Baru ada satu perusahaan yang masuk level emerging industrial leader yakni pt krakatau steel. Perusahaan swasta yang ikut dalam awarding 2110 adalah astra daihatsu langsung meraih level good performance. so wellcome to society ” concern performance excellence quality ” just google it !

  2. askar Says:

    terimakasih infonya ..
    saya baru tau kalau sudah ada Indonesian award saat ini ..
    smga bisa perusahaan2 lain bisa eksis, bukan hanya bumn saja ..
    smg jg bsa memotivasi perkembangan industri di Indonesia🙂

    • fts Says:

      Penganugerahan IQA awad ke 7 akan diadakan pada bulan november 23 2011 . Yang menarik adalah keikut sertaan Astra Daihatsu Motor (ADM) pada IQA 2009 . Berkut adalah testimony dari MR Sudirman saat ini sebagai CEO ADM sbb :

      “IQA (Indonesian Quality Award) has opened up our horizon on quality management and its spirit will always inspire our organization to systematically improve our management, system and operations toward an Exellent performance enterprise Malcolm Baldrige will enable us to formulate the foundation in aligning the existing systems and resources within our organization and as such to make comprehensive approach for achieving performance.”

      Mudah mudahan akan lebih banyak perusahaan swasta Indonesia yang akan ikut dalam Indonesian Quality Award. more info ? klick aja google Indonesian quality award tq. fts


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s