ora et labora

mencari dengan hati . asa . doa

Stay cool n love the other May 3, 2009

Filed under: no one can'T stop isLamic movement — askar @ 1:36 am

“Dari Abu Hurairah r.a. berkata, Rasulullah bersabda, “ Tahukah kalian siapakah orang yang bangkrut? Para sahabat menjawab : “Orang yang bangkrut menurut kami adalah orang – orang yang habis semua kekayaan dan perhiasannya. “Rasulullah S.A.W bersabda, “Sesungguhnya orang yang bangkrut dari umatku adalah orang yang dating di hari kiamat dengan pahala sholatnya, puasa, dan zakat. Tetapi di samping itu ia mencaci maki sana – sini, menuduh si ini, memakan harta si ini , dan menumpahkan darah si itu dan memukul si fulan. Maka diambillah kebaikannya dan kebaikan yang ada untuk mengganti kejahatannya dan apabila telah habis semuanya padahal belum terbayar semua tuntutan orang-orang lainnya, maka diambillah semua kejahatan orang-orang yang pernah ia aniaya untuk ditimpakan padanya, kemudian ia diseret ke neraka.” [H.R. Muslim]

Sudahkah kita merasa cukup dengan amalan kita selama ini untuk dapat membawa kita ke JannahNya dan merasakan kenikmatan tertinggi ketika dapat melihat wajahNya? Jika jawabannya ‘ya’, maka di sini kita perlu sangat berhati-hati. Banyak amalan yang besar namun ternyata bernilai kecil bahkan tidak sama sekali karena kesalahan niat, kesalahan cara atau ternodai keikhlasan di tengah perjalanan. Begitu juga dengan makna hadist di atas, semoga kita tidak termasuk orang-orang yang merugi dan bangkrut.
Maka dari itu, kontrol sikap, emosi, dan lisan menjadi poin penting di sini. Tidak selamanya kebencian, rasa tidak puas , harus dilampiaskan. Berbicara yang perlu saja atau diam. Karena terkadang izzah kita juga dinilai dari seberapa kuat kita dapat menjaga lisan dan tangan, seberapa kemampuan kita untuk tidak terpancing situasi.

Skh, 260409

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s