ora et labora

mencari dengan hati . asa . doa

Luas Lantai Produksi July 24, 2010

Filed under: kuLiah teknik industri . — askar @ 7:22 pm

Luas lantai Produksi

Dalam melakukan perencanaan tata letak pabrik dan pemindahan bahan dibutuhkan beberapa kebutuhan lahan atau luas lantai untuk kegiatan produksi pabrik yang akan didirikan, serta fasilitas-fasilitas pendukung lainnya. Dengan demikian perlu dihitung berapa luas lahan yang disiapkan , terutama untuk kegiatan bagian produksi. Perhitungan luas lantai ini didasarkan pada bahan baku yang akan disiapkan, mesin atau peralatan yang digunakan, dan barang jadi yang dihasilkan. Berdasarkan hal tersebut,  maka akan didapat luas lantai receiving model tumpukan dan rak, luas lantai fabrikasi dan assembling, serta luas lantai shipping.

Di dalam menghitung kebutuhan luas lantai ini, dilibatkan pula masalah-masalah yang berkaitan dengan kegiatan lainnya yang akan mempengaruhi terhadap lahan atau luas lantai tersebut, yaitu:

  1. Alat angkut
  2. Cara pengangkutan
  3. Cara penyimpanan bahan baku (ditumpuk/dirak)
  4. Aliran bahan

Yang kesemuanya harus diperhitungkan dalam penentuan luas lantai dengan menambah allowance.

Tujuan menghitung luas lantai adalah untuk memperkirakan kebutuhan luas lantai bagian produksi yang meliputi:

  • Receiving (gudang bahan baku model tumpukan dan rak)
  • Fabrikasi dan Assembling (mesin dan peralatan)
  • Shipping (gudang barang jadi)

Kegunaan luas lantai adalah: digunakan dalam perhitungan ongkos material handling (OMH) antar departemen, sesuai dengan luas lantai hasil perhitungan.

Receiving

Luas lantai gudang bahan baku ini terdiri dari model tumpukan dan rak. Untuk memberi gambaran dari cara penyimpanan bahan baku di gudang, maka perlu digambarkan bagaimana cara penyimpanan material tersebut (baik model tumpukan maupun model rak), sehingga luas lantai yang dipakai sesuai dengan hasil perhitungan. Gambaran yang dibuat harus memberi penjelasan mengenai:

  • Tinggi memuat berapa tumpuk
  • Lebar memuat berapa tumpuk
  • Panjang memuat berapa tumpuk

Sehingga jika dijumlahkan, material yang tergambar sesuai dengan material per satu periode yang akan disimpan. Demikian juga untuk model rak, luas lantai yang dibutuhkan adalah lahan yang diperlukan berdasarkan kebutuhan hasil perhitungan setelah disimpan dalam rak sesuai dengan tinggi dan lebar maksimum dari rak serta cara penyimpanan di dalam rak.

Fabrikasi dan Assembling

Luas lantai mesin (fabrikasi dan assembling) juga perlu diperhitungkan dalam perencanaan tata letak pabrik dan pemindahan bahan. Data yang diperlukan dalam perhitungan luas lantai ini antara lain adalah: nama mesin, jumlah mesin, dan ukuran mesin. Data ini dapat diperoleh dari MPPC

Shipping

Data yang diperlukan dalam perhitungan luas lantai gudang barang jadi antara lain adalah: nomor komponen, nama komponen, dan tipe barang jadi

Luas Lantai Perkantoran

Dalam perhitungan luas lantai, terlebih dahulu harus diketahui bagian-bagian dari perkantoran dan pelayanan pabrik yaitu:

    1. Bagian umum, merupakan fungsi yang melayani seluruh pabrik, misalnya Tool Room (tempat penyimpanan peralatan), Tool Crib (tempat menyimpan atau memperbaiki peralatan yang rusak), ruang rapat, ruang tunggu, dan sebagainya.
    2. Bagian produksi, merupakan bagian yang melayani organisasi produksi, misalnya Teknik Industri (standar kerja, metoda, material handling, process quality control (receiving, in process, finished good), plan engineering.
    3. Bagian personil, merupakan fungsi yang melayani atau menangani kebutuhan orang, misalnya fasilitas kesehatan, kantin, WC/kamar mandi, daerah rekreasi atau taman, lapangan parkir, telepon umum, dan lain-lain.
    4. Bangunan fisik, merupakan bagian yang berhubungan dengan kebutuhan fasilitas fisik bangunan, peralatan, utilitas, dan sebagainya, misalnya fasilitas pemasaran, pembangkit tenaga, garasi, pemadam kebakarn, bengkel peralatan, dan sebagainya.

Yang harus diperhatikan dalam menyusun perkantoran

  1. Departemen yang berhubungan ditempatkan berdekatan satu sama lain
  2. Lebar lorong minimal 0,9 meter
  3. Jenis-jenis pekerjaan yang dilakukan merupakan dasar departementasi
  4. Tiap pekerja membutuhkan kira-kira 4,5 sd 25 m2
  5. cahaya yang dating dari kiri dan atau dari belakang lebih baik
  6. Bila pekerja harus duduk saling membelakangi maka harus dipisahkan minimal melebar 1 meter diantara kursi.

Persyaratan umum perkantoran

  1. Satu kantor yang luas merupakan unit kerja yang lebih efisien daripada sejumlah ruangan-ruangan kecil dengan luas yang sama, karena memudahkan pengawasan, komunikasi bisa lebih lancar, cahaya dan ventilasi bisa lebih baik.
  2. Lebar lorong untuk sirkulasi utama 1,5 sd 2,5 m, jika tidak seberapa penting cukup 1 sd 1,5 meter saja
  3. Jarak meja dengan kursi minimal 45 cm
  4. Jarak antara meja dengan meja atau dengan tembok berkisar antara 60 sd 90 cm
  5. Untuk menghindari kebisingan, maka peralatan seperti mesin tik dan mesin stensil sebaiknya diletakkan terpisah.

Ketentuan dalam pemilihan fasilitas pelayanan

Dalam memilih fasilitas pelayanan harus disesuaikan dengan kondisi manajemen perusahaan yang direncanakan. Dalam arti bahwa dalam perusahaan besar jelas memiliki jenis dan ukuran fasilitas yang berbeda dengan perusahaan kecil.

Sebagai gambaran berikut ini disajikan jenis fasilitas pelayanan berikut luasnya:

  1. Ruang rapat / Gedung serbaguna
  2. Ruang tamu
  3. Musholla
  4. Kantin
  5. Balai pengobatan
  6. Lapangan parkir umum perusahaan
  7. Lapangan parkir pabrik
  8. Pos keamanan
8 x 10 m

5 x 6 m

10 x 15 m

10 x 10 m

6 x 5 m

20 x 20 m

20 x 20 m

3 x 3 m

Ketentuan khusus dalam luas lantai kantor

Kondisi ideal untuk perbandingan tenaga kerja tak langsung dengan tenaga kerja langsung berkisar antara 1 : 6 sampai 1 : 10. Untuk ukuran luas lantai pada level organisasi pertama 5 x 5 m, level organisasi kedua 4 x 4 m, level organisasi ketiga 3 x 3 m, level organisasi keempat dibuat dalam satu ruangan dengan luas per orang 2 x 2 m

 

One Response to “Luas Lantai Produksi”

  1. Wulan Says:

    assalamualaikum
    saya tertarik dengan tulisan anda ttg luas lantai produksi, boleh saya tahu sumbernya apa? Judul bukunya mungkin? Karena akan saya gunakan sbg daftar pustaka untuk tugas akhir saya. Mohon bantuannya, terima kasih.
    wassalamualaikum


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,242 other followers